aikido

aikido, banyak orang bertanya apa itu aikido ? atau orang akan bilang, aikido itu beladirinya si Stevan Siegal ya ?

ok, bener, Siegal Sensei adalah sensei aikido. Tapi jangan lihat aikido dari film nya, itu film dibuat biar menarik to ? Karena aikido itu lebih dari sekedar beladiri, apalagi seperti di film. Bak ..Buk ….Bak …Gubrakk …Auu !!@!@#$%

Aikido adalah beladiri asal jepang, beladiri yang mengajarkan anti kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan. Aikido adalah non violent martial art. We learn how to give our love to everything in this universe.

Saya sendiri baru belajar sejak akhir tahun 2001, belum lama memang. 6 bulan pertama belajar di Jogja, dan 2 tahun kemudian sampe tahun 2004 belajar di Provo, Utah, US, dibawah Gettling sensei. Awal 2007 mendapatkan Yudansha di Jakarta. Sejak pertengahan 2007 berlatih di Huron Valley Aikido dengan Park Sensei muridnya Chiba sensei.

Wah Black Belt ??? jago kelahi donk ? tidak sama sekali. Sering kali saya ditanya orang, wah udah lama belajar aikido, sering dicoba ga ? wualah, asumsi kebanyakan, kalo belajar beladiri kok trus seneng berkelahi, ato jumawa …sombong … aneh juga.

Tidak begitu di Aikido, Yudansa itu baru permulaan belajar. Belajar tentang hidup ini. Bagaimana kita bisa menghargai orang, bagaimana kita bisa menyayangi orang lain, dan bagaimana kita bisa selalu melihat kelemahan diri sendiri. Saya sering bilang waktu latihan, jangan suka melukai orang lain, marilah jadi orang baik, berbuatlah baik karena kita ngga pernah tahu berapa banyak dosa yang telah kita buat. Sepertinya susah juga dapat pahala dari perbuatan baik juga, harus ikhlas. Lha ikhlas itu yang sulit. Datang dari hati. Dan seiring dengan waktu belajar yang bertambah, semakin dalam juga saya berdoa semoga saya terhindar dari segala macam bahaya dan permusuhan.

Tertarik untuk mengetahui aikido ? lihatlah seputar anda, karena aikido sering kali tidak terdengar, keep silent.

16 Responses to aikido

  1. pak, minta ijin.. saya minta ijin untuk menggunakan beberapa kalimat dari posting tentang aikido ini, buat “quote of the moment” di blog saya.. boleh kan pak? thanks b4

  2. Mayos says:

    Aslmkm

    Pa kabar mas Wini sensei. Wah, kelamaan di luar negeri bisa2 lupa bahasa indonesianya yah. Bagus banget tulisannya, tentang hati. Yup, aku setuju banget mas….doain ya mas, sebentar lagi aku ujian kyu. Akhirnya setelah 2 tahun latihan untuk adaptasi ke nishio style, aku diijinkan dan diberi approval oleh 2 sensei mentor ku di janti dojo. Duh….capek banget nunggu 2 tahun. Tapi bener juga lho mas, sepakat dengan apa yg kamu tulis diatas. Itulah sama dengan prinsip dalam nishio: atemi no kokyu!
    Belajar aikido juga mas?Style apa? Bagi dunk ilmunya atau videonya!heheheh…

    Wslmkm

  3. hida says:

    aslm, pak winny,
    saya tuh duduk pas di belakang pak winny waktu tes dosen di umy.
    sekarang di psik (alhmdlh lulus).
    waktu lagi main ke tempat bu ti2h pas Ym-an sama pak winny.
    trus tau pak winny ikutan aikido jadi tertarik. intinya……………
    mau nanya pak, di jogja ada pelatih aikido khusus cewe’?
    thx :) salam kenal

  4. sikate says:

    eh…kalau ma taekwondo bagusan mana ya?
    terus aikido itu beladiri yang bagaimana?
    mukul,nendang,atau bantingan?

  5. wsetyonugroho says:

    Saya punya cara pandang yang lain:
    1. Keampuhan sebuah beladiri itu tergantung pada diri sendiri, seberapa keras kita berusaha. Ini sesuai pesan Oyama sensei (pendiri Kyokusinkai Karate)
    2. Bagusan mana antara belajar Matematika dengan belajar Biologi ? Tidak ada yang lebih bagus bukan ? Beladiri bagi saya adalah belajar menyelami sisi pandang kehidupan.
    3. Silahkan baca tulisan saya di kategori aikido dengan judul “Beladiri dan Asuransi Kesehatan”
    4. Aikido berlatih dengan Jo (tongkat), Bokken (pedang kayu jepang), tangan kosong, kuncian, bantingan. Dan di aikido sekali lagi saya tekankan, adalah belajar menyelesaikan konflik dengan penuh cinta kasih kepada sesama dan tanpa kekerasan.

  6. ZXV says:

    Saya Pernah dengar, katanya AIKIDO bisa menjatuhkan Lawan tanpa disentuh sedikitpun!! Apa benar!

  7. wsetyonugroho says:

    mas ZXV,
    salam kenal, siapakah anda ? mohon perkenalkan diri juga.

    mengenai aikido bisa menjatuhkan tanpa menyentuh. dapat informasi dari manakah ? jangan percaya sebelum anda melihat sendiri. itu prinsip kesahihan informasi

    bukan masalah menjatuhkan tanpa menyentuh. tapi mengapa menjatuhkan ?
    kesannya kok menyakiti. yang lebih cocok itu mengontrol. Mengontrol itu tidak harus menyakiti. Kalo bisa mengontrol dengan tanpa menyentuh, jelas bisa. yaitu dengan kasih sayang. kalau anda bisa menyayangi semua makhluk Tuhan di alam semesta ini, anda nda perlu takut. semua akan menyayangi anda juga.

    yang jelas, di aikido ada 2 prinsip : beladiri yang efektif tetapi tanpa kekerasan (merusak ataupun menyakiti).
    kalau hanya bisa salah satunya, berarti belum bisa aikido.

  8. ZXV says:

    AIKIDO Biayanya Berapa….ya!! :P
    Seminggu Berapa Kali Latihan ;)

  9. benny says:

    Mohon maaf kepada siapa saja yang tahu, saya perlu informasi tentang :
    dimana bisa belajar aikido khusus untuk anak-anak (buat anak saya usia 5 tahun) agar berolahraga dan sehat serta punya ilmu beladiri, akan tetapi yang latihannya hanya hari minggu saja, dan lokasinya tidak jauh dari maguwo, terima kasih…

  10. muramasa says:

    salam kenal pak winny.

    saya sangat tertarik dgn aikido & sedang menelusuri gmn aikido itu

    saya mau tanya kalau saya niat ikut aikido biar bisa bertahan saat tiba2 di jalan di todong/rampok/jambrek/keroyok preman apa bisa ?

  11. wsetyonugroho says:

    kalau niat ikut, lha di todong perampok ya tetep bisa …
    kan cuma niat ?? hehe
    harus di ikuti dengan berkegiatan aikido itu sendiri dong. nah bab ditodong preman atau rampok dijalan, lha tetep aja bisa . eh bisa apa nih ? mau ikut beladiri apapun ya tetep aja bisa di todong di jalan :) hehe (ini gojeg lagi) maksudnhya bisa membela diri to ?

    ok ini sekarang serius. yang namanya ikut beladiri bukannya kita trus gagah-gagahan to ? bukannya trus cari jalan yang penuh preman biar dirampok. ikut beladiri itu biar selamat, biar bisa lebih berhati-hati. kalo membaca tulisan saya di bagian lain, nda ada bedanya dengan ikut asuransi kesehatan. apakah setelah ikut asuransi kesehatan trus kita cari sakit ? nda juga to ?

    nah aikido diciptakan oleh O’sensei karena beliau merasa jaman sudah harus berubah. kekerasan ataupun konflik tidak harus diselesaikan dengan jalan keras, tetapi dengan kelembutan dan perdamaian. jadi di aikido, resolusi konflik dengan tanpa kekerasan itu harus bisa terlaksana. begitu.

    realitasnya bagaimana ? susah diceritakan. silahkan lihat latihan aikido. ada orang skeptis, tapi kalau skeptis, bagaimana mungkin aikido menjadi beladiri yang dihormati di jepang ? tidak mungkin bukan ? kalaupun anda bertemu pelatih yang tidak memuaskan anda. coba cari pelatih lain. yang penting, di aikido anda berniat untuk tidka melakukan kekerasan dalam menyelesaikan konflik. ber harmoni terhadap alam semesta dan seisinya. itulah pesan O Sensei (pencipta aikido)

  12. virdy says:

    wah ternyata setelah sekian lama ga ketemu pemikiran pak winny ttg aikido n cinta kasih msh ttp sama..selalu menekankan pd cinta kasihnya, tp sbnrnya aku sendiri yg uda hmpir 3 thn lat msh blm yakin spenuhnya klo ttp bs mengontrol lawan apabila dihadapkan pd pertarungan yg sbnrnya…

  13. andry says:

    Salam kenal Bapak W.setyo nugroho

    Kalo saya baca tulisan bapak .. yang saya tangkap aikido merupakan beladiri yang membawa damai ..

    kalo tidak diserang untuk apa menyerang .. kalo masalah bisa diselesaikan tanpa kekerasan, untuk apa menjadi keras .. menyelesaikan masalah tanpa kekerasan merupakan suatu kemenangan … kalo diamati lebih jauh, filosofinya luar biasa luas..

    pertama kali saya melihat aikido di tv, saya sudah tertarik, tapi aikido belum(menurut saya yang awam lho)begitu memasyarakat pada 5 tahun yang lalu …

    kini saya sudah tidak muda lagi, usia sudah 35 tahun dan waktu luang terbatas karena bekerja .. apa kira2 saya masih bisa mengikuti pelatihan aikido di usia sekarang ini ? .. demikian juga apakah ada pelatihan aikido yang hanya seminggu sekali atau dua kali ? … apakah bapak dapat memberitahu tempat latihan aikido didaerah jakarta selatan ? …. semoga bapak tidak berkeberatan menjawab pertanyaan saya … sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  14. walid says:

    kira2 ada gak situs yg memberi pelajaran ttg aikido secara online??

  15. rifki says:

    saya berusia sudah 35 tahun ..apa kira2 saya masih bisa mengikuti pelatihan aikido di usia sekarang ini ? .. demikian juga apakah dgn pelatihan aikido yang hanya seminggu sekali bisacepat memahamikarena faktor kesibukan dan jg seperti pertanyaan diatas?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  16. Reza says:

    saya adalah anak SMP, saya sering di jahati teman saya… saya lagi berdiri tiba2 celana saya di perosoti di depan cewek2 trus saya lgi diem di ajakin ribut…. nah, mereka2 yg melakukan itu tuh preman sekolah alias pentolan…. saya merasa di lecehkan & di rendahkan kalau saya diam saja… nah, apa dengan serius berlatih aikido saya dapat melawan preman sekolah jika dia mengganggu saya lagi? preman sekolah itu badannya gede, item, mukanya serem… gimana? tolong banget di jawab ya, terimakasih banyak :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: