Panduan Membeli Komputer

Anda bingung mau membeli komputer ? Jangan bingung, saat ini pertimbangannya hanya tinggal 2 faktor yaitu: “desktop atau notebook” dan “yang murah vs yang anda suka”. Silahkan simak tulisan berikut

Kemampuan komputer yang ada dipasaran saat ini sebenarnya sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan sebagian besar kita para pengguna komputer. Sehingga sebenarnya dengan harga termurah pun sudah dapat menjalankan aplikasi yang kita butuhkan. Ingat, jangan membeli sesuatu yang tidak menjadi kebutuhan kita. Jika anda membeli komputer degan kemampuan yang tinggi dan dengan harapan suatu saat nanti kita akan membutuhkannya atau mungkin membutuhkannya, hal ini akan membuang uang anda. Disaat anda membutuhkan suatu saat nanti, harga komponen (komputer) sudah turun sehingga sebenarnya membeli baru akan lebih menguntungkan bahkan bisa lebih murah lagi dengan kemampuan yang sama jika anda membeli saat ini. Boss Intel mengatakan “premium product today, in 4-5 years will be standard product”

Desktop atau notebook ? Notebook saat ini sudah mempunyai harga terjangkau (tidak jauh perbedaannya dengan harga desktop) serta kemampuan yang setara dengan desktop, teknologi yang tidak ketinggalan dengan desktop. Mengapa ? karena miniaturisasi komponen komputer sudah mencapai taraf ekonomis, bahkan bisa jadi komponen desktop dan notebook sudah sama kecilnya alias memakai komponen yang sama. Faktor pemilihan notebook menurut penulis sangat menguntungkan untuk kondisi di indonesia yang krisis enerji, dimana harga listrik tambah mahal dan sering terkena giliran mati lampu. Notebook lebih hemat listrik, dan bisa dibawa kemana pun anda suka (portable). Notebook pun tidak memerlukan UPC (uninteruptable power supply) seperti halnya desktop, mengingat listrik “byar pet” bakal sering mengunjungi rumah kita, karena sudah memiliki batteray, dengan demikian anda pun tidak perlu khawatir kehilangan dokumen yang sedang anda kerjakan. Jangan khawatir dengan performance notebook, jangan khawatir pula dengan kehandalannya. Penulis menggunakan notebook yang dibeli awal 2005, dengan sebuah syarat saja, bahwa notebook itu adalah yang termurah yang bisa penulis dapatkan dengan brand global dengan pertimbangan layanan purna jualnya. Sampai saat ini (2008) notebook penulis masih sangat memadai untuk segala kebutuhan yang diperlukan (sebagai seorang dosen sekaligus pengelola IT) bahkan sangat berlebih dibandingkan kemampuan yang dimiliki, sekalipun notebook ini jarang sekali dimatikan alias sering 24 jam tidak dimatikan selama berhari-hari. Bagaimana dengan desktop ? selisih harga dengan notebook jelas ada dan lebih murah (pada umumnya). Jika memang anggaran pembelian dialokasikan untuk desktop, maka pertimbangan listrik yang tidak terjamin (akhir-akhir ini) harus dipikirkan masak-masak efeknya terhadap pekerjaan yang akan anda lakukan dengan komputer tersebut. Juga perlu diingat bahwa konsumsi listrik desktop bisa jadi akan membebani tagihan listrik anda juga, apalagi jika sampai dinyalakan 24 jam dalam sehari.

Selera yang disuka vs harga murah. Ini adalah level terakhir pada pemilihan sebuah komputer. Jika anda mempunyai dana lebih dan memang ingin mengeluarkan dana untuk itu, maka pertimbangan selera bisa anda masukkan disini. Misalnya dalam pemilihan notebook, anda memilih tampilan fisik yang anda suka, ataupun merek tertentu yang anda loyal terhadapnya. Ataupun pada deskop pilihan bisa saja pada model chasing, jenis layar monitor, serta merk. Yang pada dasarnya, semua harus dapat memberikan fasilitas yang anda perlukan.

Komputer untuk kebutuhan khusus, halah ….kata seorang teman, yang namanya kebutuhan khusus tidak bisa dideskripsikan dengan jelas, karena harus kasus per kasus. Ada yang membutuhkan kemampuan penghitungan yang kuat, ada yang membutuhkan grafis yang hebat, ada yang gabungan keduanya, dan ada pula yang membutuhkan kehandalan serta tahan banting.

Jadi, selamat membeli komputer bagi anda yang masih mencari-cari komputer dan bingung terhadap pilihan yang ada di seputar anda. Belanjakan dana anda dengan bijak. Jangan membeli teknologi masa depan yang tidak pernah kunjung anda gunakan.

2 Responses to Panduan Membeli Komputer

  1. donlenon says:

    wah, ini dia postingan yang bermanfaat. dengan adanya tips-tips ini dipastikan tak kan salah arah dalam menentukan keputusan.. masalahnya, sekarang ini realisasi dana untuk membeli notebooknya yang gak ada? wah bener-bener deh T_T he he he

    siap Pak!!

  2. ehs says:

    btw. notebook pak winny merk apa nih? jd penasaran :))
    sy jg bingung pilih2 notebook (ato netbook ya). sy penulis buku TI/komputer. lebih banyak explorasi. ada saran notebook yg cocok? (pls via imel aja. thanks)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: