Si Terong

Terong, sayuran yang tidak pernah saya sukai sejak kecil, walaupun kedua ortu sangat menggemarinya. Terong atau terung dimasak menjadi sayur lodeh terong, saya bilang apa enaknya sayuran yang klentreg-klentreg nda karuan kaya gitu. Terung, yang menurut wikipedia adalah Solanum melongena (terung ungu) dan S. esculentum (terung putih), banyak dijual di groceries di kota saya ataupun bisa ditemukan di chinese store.
Ternyata persepsi terhadap si Terong ini berubah total. Gara-garanya ada teman yang senang sekali dengan terong. Beliau ini memasak terong menjadi Sambel Terong, yang menurutnya sebagai obat kangen Indonesia. Bahkan dia rela makan nasi dengan sambal terong ini saja. Teman ini kebetulan tinggal di kota sebelah (yah bisa disamakan jarak Malioboro ke Bantul), dan kalo masak ini sambel pasti dirumah saya. Karena saya punya munthu (uleg-an sambel). Gara-gara ini lah saya jadi suka, karena saya jadi suka nyicip masakan teman saya ini.
Nah buat yang pingin membuat Sambal Terong, inilah resepnya. Siapkan terong satu biji saja yang panjang sekitar 30-an cm. Iris tipis-tipis dan kecil-kecil 4 cabe rawit (atau sesuai selera), 2 bawang merah dan 1 bawang putih. Tumis cabe, bawang merah dan bawang putih, setelah itu masukkan terong yang sudah dipotong kecil-kecil (agar mudah di masak). Beri garam secukupnya. Setelah masak (si terong nampak layu), matikan api. Setelah itu, semuanya di smash (di uleg) jadi satu, sampai cukup lembut dan tercampur dengan baik. Si Sambel Terong siap disajikan. Selamat menikmati.

2 Responses to Si Terong

  1. nugroho ws says:

    memangnya di amrik ada yang jual terong ?

  2. wsetyonugroho says:

    ono mas, biasanya di toko yang melayani orang asia.

Leave a Reply

