Ubuntu OS ku

ubuntu Ini jelas-jelas promosi OS ya, tapi tidak apa-apa. Toh saya tidak memperkaya salah satu perusahaan dengan mempromosikan Operating System ini. Yang jelas, saya bukan jagoan komputer walaupun saya menggunakan OS yang masuk keluarga besar Linux ini. Pertimbangan utama saya adalah komputer ini harus bisa memberikan fasilitas yang saya butuhkan. Tapi bukannya Linux itu rumit dan tidak ramah lingkungan ..eh tidak ramah pengguna ? Mengapa saya memilih Ubuntu ?

Sebenarnya sejarah menggunakan Linux sudah saya mulai ketika masih kuliah tahun-tahun awal di FK UGM. Orientasi utama saya untuk mengetahui sistem lain selain windows. Later on my orientation was changed. Ok, pertama kali saya mengenal linux adalah Slackware yang masih versi 1 sekian kalo tidak salah, wualah sulitnya menginstall program ini. Waktu itu masih harus menggunakan disket kotak kecil itu untuk booting dan proses instalasinya. 3 hari 3 malam tidak tidur cuma buat install program ini (hiperbola banget), maklum bukan ahlinya. Dan akhirnya dengan bantuan teman yang jagoan dibidangnya, terinstallah program itu. Semua berakhir dengan bingung, karena text based, dan untuk masuk ke GUI nya harus setting luar biasa banyak (perasaan saya). Pokoknya usaha luar biasa untuk bisa memakainya. Setelah itu, berakhir dengan jarang menggunakannya karena masih terlalu rumit bagi saya yang hanya ingin menggunakan sebagai alat bantu kegiatan sehari-hari.

Lalu dikemudian hari saya menemukan Red Hat lebih user friendly buat pengguna seperti saya ini. Maka saya installah si topi merah ini. Proses yang lebih mudah, bisa otomatis masuk ke GUI. Dan tampilan menurut saya belum bisa membuat saya puas (yang terbiasa menggunakan windows pada waktu itu). Lalu tiba-tiba si topi merah ini membuat kejutan dengan tidak gratis lagi, tapi layanan berbayar. Nah saya cari alternatif lain yang pernah saya coba juga, yaitu Mandrake yang kalo tidak salah mulai versi 7 yang saya coba. Proses instalasi termudah yang saya temui pada waktu itu. Tetapi tetap saja, saya masih banyak menggunakan windows, karena instalasi program baru lebih sulit dari pada windows.

Suatu hari saya meninggalkan windows dan linux sama sekali, karena beralih ke Macintosh, saya jatuh cinta berat sama ini Operating sistem. Jauuuuh sekali dibanding windows. Kemudahan dan keindahannya langsung bisa dinikmati sejak pertama kita menginstall OS ini. Eh, saya bukan mau promosi MacOS, walaupun saya tetap menggunakannya sampai sekarang. Dan karena suatu sebab saya memakai PC lagi selain Apple, dan ini adalah titik balik dimana saya menyadari bahwa windows itu tidak mudah lagi (dibanding MacOS) sehingga saya berpikir untuk menggunakan Linux lebih dalam lagi, mengingat program di Linux sudah cukup menyediakan dan bisa jadi memuaskan kebutuhan saya.

Mulailah perburuan saya mencari Linux yang paling cocok buat saya dengan syarat mudah instalasinya, mudah mencari programnya, dan mudah bertanya jika ada masalah yang timbul atau ada pertanyaan yang saya ingin tahu tentang OS ini, karena tidak mau bergantung terus dengan bertanya kepada teman yang jagoan linux, iya kalo mudah ditemui bagaimana kalo tidak ? Nah pada waktu itu mencoba Mandrake lagi, masih mudah sama dengan yang dulu dan pada waktu itu dia berubah menjadi Mandriva, dan saya menggunakannya. Namun ternyata masih ada yang kurang, forum diskusi yang bisa kita akses untuk menjadi bank pengetahuan kita, masih terlalu tersebar dan tidak terlalu banyak (menurut saya) dibandingkan dengan Ubuntu yang akhirnya saya pilih sampai sekarang ini.

Ubuntu saya pakai sejak versi 5.10 ini punya kelebihan supporting forum yang free dan banyak juga terfokus untuk Ubuntu saja. Mudah mencari pemecahan masalah yang muncul. Ubuntu ini siap dipakai sejak pertama kali install. Proses penambahan program juga mudah sekali, hanya saja lebih menguntungkan jika anda mempunyai koneksi internet, jika tidak anda harus mempunyai kumpulan program dalam DVD yang di setting sebagai repository.

Pada dasarnya saya 99% menggunakan Ubuntu, dan dengan dual booting saya tetap menyimpan windows untuk berjaga-jaga jika ada teman atau istri membutuhkan program yang adanya di windows atau jika saya harus menggunakan program yang hanya berjalan dalam windows. Dan sekarang ini sudah tidak ada alasan lagi membajak OS karena hampir semua kebutuhan sudah bisa terpenuhi dengan Linux terutama bagi pengguna komputer pada umumnya dan tampilanpun sudah sama bagusnya bahkan bisa lebih indah lagi tergantung kreativitas anda para pengguna. (nb: windows OS saya adalah software resmi dari instansi tempat saya bekerja)

Ok, are you in ? join us ? Linux community. Mari kita budayakan anti pembajakan, karena pembajakan adalah pencurian. Dan mana ada mencuri yang halal .. :)

2 Responses to Ubuntu OS ku

  1. keshie says:

    Halo Pak Winny, perkenalkan, nama saya Keshie Hernitaningtyas. Saya tertarik membaca posting Bapak ini. Bolehkah saya memuatnya di media saya (Tabloid PCplus)? Kebetulan kami punya rubrik khusus blog. Silakan hubungi saya di kc@tabloidpcplus.com jika Bapak berminat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih :)

  2. Heli says:

    nanti aku belajar Ubuntu sama Bapak ya.
    Thanks sebelumnya

Leave a Reply

