Ji Em

Jika anda telah membaca “Orang dari Negeri Koboi Memang Beda”, maka tulisan ini adalah perkembangan beritanya. Minggu lalu saya berkesempatan berbincang-bincang dengan seorang teman petinggi Ji Em. Menarik sekali bahwa pihak perusahaan masih sangat optimis dengan perkembangan bisnis mereka walaupun dilain pihak membenarkan bahwa saat ini bukan masa keemasan mereka. Bisnis berkembang pesat di negeri Cina, tahun demi tahun terus bertambah jumlah produksinya, dan hal ini kemudian diikuti oleh perusahaan lain untuk mengikuti strategi ini.

Tapi saya tetap bertanya-tanya, bagaimana jika harga minyak dunia terus membubung tinggi ? Apakah pertumbuhan ekonomi negeri Cina tetap membuat pasarnya mau menyerap mobil-mobil dengan mesin besar ? Sepertinya filosofi desain dari perusahaan-perusahaan ini belum berubah, mereka hanya berusaha memindahkan jualan yang tidak begitu laku lagi di negara asal, ke negara lain dengan iming-iming luxurious. Persis seperti penjual rokok dari negeri ini yang memiliki masalah yang sama dan kemudian menjual gaya hidup negeri ini lewat gaya hidup rokok dan koboi. Dan laku keras. Bedanya perusahaan rokok ini sudah lama melakukan strategi ini.

Waktulah yang akan membuktikan siapa yang lebih jeli menentukan langkah dan bervisi menatap masa depan, manajemen mobil koboi atau mobil-mobil kecil kompak buatan Asia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: