Proposal PHK Inherent K1 diterima.

alhamdulillah, proposal PHK Inherent yang saya kerjakan tepat sebelum pergi ke US diterima. Pengalaman pertama mengajukan proposal proyek ke dikti, dengan kerja keras seminggu penuh, siang malam. Terbayar sudah. Paling tidak ide yang disampaikan masuk akal dan dapat diterima.

mana nih hubungannya dengan informatika kesehatan ? ini dia: proposal ini dibuat dengan harapan adanya peningkatan kualitas pendidikan khususnya di FK UMY yang mempunyai tiga jurusan yaitu Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, dan Ilmu Keperawatan.

Progam pertama yang direncanakan dibuat sebenarnya merupakan eLearning yang dirancang khusus untuk pendidikan mahasiswa yang sedang melakukan pendidikan profesi (mahasiswa koass). Selama ini eLearning dibuat berdasarkan kebutuhan pada sistem perkuliahan kelas, namun pada pendidikan profesi kondisi tersebut jauh berbeda dan mempunyai karakter yang berbeda pula. Untuk itu, dibuat sistem yang dapat membantu proses belajar mengajar di RS, dengan mengembangkan dari sistem EMR (electronic medical record) dan digabungkan dengan komunikasi suara dan video menggunakan IP (VOIP).

Program kedua yang direncanakan adalah sebuah sistem yang dikembangkan khusus untuk Mini Hospital, yaitu laboratorium ketrampilan medik yang digunakan Ilmu Keperawatan. Mini Hospital ini dirancang sebagai miniatur rumah sakit, dan program yang akan dikembangkan merupakan sebuah sistem eLearning khusus melayani kebutuhan Mini Hospital dan dikembangkan juga dari sistem EMR yang sudah ada. Sehingga, diharapkan mahasiswa dapat benar-benar belajar dan merasakan kondisi yang mirip dengan keadaan nyata di RS beserta sistem EMR nya. Terimakasih buat Agus Mutamakin, yang telah memberikan ijin untuk menggunakan sistem yang dikembangkan untuk saya gunakan.

Program yang ketiga adalah virtual laboratory. Sederhana saja, mebuat sebuah model aktivitas laboratorium dengan multimedia. Harapannya agar mahasiswa dapat menguasai materi praktikum dengan lebih baik lagi, sehingga sewaktu praktikum sesungguhnya tidak hanya menghapal prosedur praktikum, tapi benar-benar menguasai inti dari materi praktikum.

Nah, tiga program saja. dan lumayan pendek waktunya karena harus selesai pertengahan Desember 2007. Dan saya tidak bisa pulang untuk mengerjakan project itu karena harus menjalani hidup saya jauh dari Jogja. Jadi pa Iwan menggantikan sebagai ketua tim. Terimakasih pa Iwan.

One Response to Proposal PHK Inherent K1 diterima.

  1. Edwar Suharnas says:

    Assl. Mohon Info tentang PHK K1 inherent 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: